PENDAMPINGAN BAGI ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI ANAK MENUJU KEBERHASILAN

PENDAMPINGAN BAGI ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI ANAK MENUJU KEBERHASILAN

Authors

  • Leyna Christin Nainggolan Institut Injil Indonesia Batu
  • Soneta S. S. Siahaan STT Katharos Indonesia Bekasi
  • Vroly R. Wowor STT Katharos Indonesia Bekasi

Keywords:

Strategy, role of parents, child potential, success

Abstract

Artikel ini mengkaji strategi dan peran orang tua yang sangat diperlukan dalam memaksimalkan potensi anak di tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk mencapai keberhasilan studinya di sekolah. Permasalahannya orang tua kurang berperan aktif karena mereka harus mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, dan kurangnya komunikasi dengan anaknya di rumah. Sehingga pihak sekolah memandang perlu mendatangkan pakar-pakar akademisi guna menjembatani perihal diatas. Adapun tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini untuk memberikan wawasan akan pentingnya keterlibatan aktif dari orang tua dalam berbagai aspek kehidupan anaknya, termasuk pendidikan, pengembangan keterampilan sosial, dan dukungan emosional. Melalui studi literatur dan observasi lapangan di SMK Paraduta Bangsa, ditemukan bahwa komunikasi yang efektif antara orang tua dan anak, pemberikan teladan yang baik, serta penyediaan lingkungan belajar yang kondusif, menjadi faktor kunci dalam mengembangkan potensi siswa. Hasil penelitian dari kegiatan ini, menunjukkan bahwa orang tua yang terlibat aktif dapat secara signifikan memperngaruhi perkembangan dan keberhasilan akademik maupun vokasional anak mereka. Artikel ini juga memberikan rekomendasi praktis bagi orang tua berupa arahan-arahan melalui seminar dan tanya jawab langsung sebagai umpan balik yang diperlukan dalam mendukung anak mereka mencapai keberhasilan yang optimal di lingkungan SMK Paraduta Bangsa.

Published

2024-11-30